TAREKAT
QODIRIYYAH WA NAQSYABANDIYYAH
Asal Usul Tarekat Qodariyyah Naqsyabandiyyah
Jika ditelususri, tarekat ini merupakan sebuah haisl karya anak bangsa Indonesia yang memang benar-benar memahami betul tarekat Qodariyyah dan tarekat Naqsyabandiyyah. Baliau adalah Ahmad Khatib Sambas, yang kepanjangan namanya dijadikan sebuah penisbatan tempat ia lahir, yaitu Sambas sebuah tempat di daerah Pontianak, Kalimantan Barat. 1 Dan bahakan menurut pengarang buku Mengenal Dan Memahami Tarekat-Tarekat Muktabarak Di Indonesia, Drs. Hj. Sri Muyati (2005; 253), ia mengatakan bahwa Ahmad Khatib Sambas ini merupakan seorang syekh dari kedua tarekat ini. Oleh karenanya beliau mencoba menggabungkan kedua tarekat ini menjadi satu, yaitu dengan mengajarkan dua versi dzikir sekaligus, yang satu dengan dzikir jahar (keras) Qadiriyyah dan khafi (hati atau pelan) Naqsyabandiyyah.
Adapun catatatan sejarah mengenai bagaimana beliau mengenal kedua tarekat ini hanya sedikit penjelasan yang di dapat mengenainya. Namun walaupun sedikit tetaplah sangat berarti untuk disampaikan.
Pada awalnya Ahmad Khatib Sambas ini merupakan seorang anak yang lahir dalam lingkunngan masyarakat muslim sebagaimana anak-anak pada umumnya, dimana hari-harinya diisi dengan belajar agama dasar di kampung. Namun karena keinginannya yang gigih dalam mencari ilmu, beliau akhirnya pergi ke Mekah untuk lebih memperdalam ilmu keagmaanya yang dirasanya kurang pada usia sembilan belas tahun. Memang begitulah kalau orang pintar, sebagaimana pepatah mengatakan semakin berisi semakin meruntunduk, semakin dikaji sebuah ilmu semakin penasaran dibuatnya. Mungkin itulah karakteristik seorang Ahmad Khatib Sambas yang unik dan jarang didapat di zaman sekarang.
Di Mekah beliaua belajar beberapa ilmu-ilmu Islam, termasuk di dalamnya tasawuf. Dan beberapa guru yang memang ahli di bidang tasawufpun tidak luput dari incarannya, seperti Syaikh Daud bin Abdullah bin Idris Al-Fatani, Syakh Syams Ad-Din, Syakh Muhammad Asyad Al-Banjari dan lain-lain.Sama halnya dengan tasawuf yang di pelajarinya, fikihpun menjadi makanan sehari-hari yang beliau kepada tiga dari empat mazhab yang terkemuka.
Sebagai salah satu tarekat yang terlahir dari perpaduan antara tarekat Qadiriyyah dan Nasyabandiyah, maka sejarah kedua aliran tarekat inipun dirasa sangat penting untuk di ungkap sebagai sebuah landasan akan keberadan aliran tarekat Qadiriyyah Nasyabandiyyah.
Trekat Qadiriyyah
Qadiriyyah adalah sebuah tarekat yang panamaannya dinisbatkan kepada pendirinya, yaitu Syaikh Abdul Qadir Jailani yang dikenal sebagai wali quthub. Beliau lahir di desa Naif dekat kota Jilan sekitar 150 km timur laut Bagadad dan ada juga yang mengatakan bahwa beliau lahir di Jilan dekat Persia. Namun tidaklah begitu penting untuk dibahas mengenai perbedaan pendapat mengenai tempat kelahiran beliau.
Beliau lahir dari pasangan Abu Shalih dan Fatinah binti Abdullah As-Sama’i Al-Husayni.2 Dalam sebuah hikayat di ceritakan, bahwa ketika ia lahir dari seorang ibu yang berusia enam puluh tahun. Memang merupakan sebuah kelahiran yang tidak lazim, akan tetapi bagaimanapun jika Allah berkehendak, maka jadilah. Sebelum kelahirannya, ayah beliau, Abu Shalih pernah bermimpi bertemu dengan Nabi yang diirngi para sahabat, imam mujahidin dan wali.
Dalam mimipi tersebut Nabi menyamapaikan sebuah berita yang menggembirakan, yaitu bahwa anaknya kelak akan menjadi seorang yang derajat kewaliannaya paling tinggi. Ayahnya meninggal pada usia beliau masih muda belia, sehingga beliau dibesarkan dan diasuh oleh kakeknya.
Banyak sekali kisah-kisah yang diriwayatkan tentang kesolehan dan kebesaran wali Allah yang bernama Shaikh Abdul Kadir Jailani ini. Bahkan semenjak kecil lagi Shaikh Abdul Kadir Jailani telah memperlihatkan ciri-ciri kesolehan dan ketaqwaannya yang luar biasa. Satu daripada peristiwa atau kisah yang diriwayatkan tentang masa kecilnya ialah perihal peristiwa beliau hendak pergi berangkat ke kota Baghdad dengan tujuan untuk menuntut ilmu dari tempat tinggalnya yang amat jauh itu.
Sebelum berangkat dari rumahnya mengikuti satu kafilah yang akan menuju ke Baghdad, ibu Shaikh Abdul Kadir Jailani telah memberinya sedikit wang sebagai belanja pergi dan balik serta sedikit bekalan makanan. Sebelum anaknya berangkat ibu Shaikh Abdul Kadir Jailani telah menyembunyikan wang anaknya itu pada bahagian lengan baju anaknya lalu dijahitnya supaya tidak diketahui orang.
Setelah siap, ia pun berpesan kepada anaknya, “ Hai anakku, dengarlah baik-baik pesan ibu ini. Bila kau dalam perjalanan dan berada di negeri orang, engkau hendaklah sentiasa bercakap dan berlaku benar. Ketahuilah bahawa orang Islam tidak boleh berdusta. Hendaklah kau ingat hai anakku akan sabda Rasul bahawa amanah itu kejayaan. Berlaku benarlah baik dalam tutur kata mahupun dalam perbuatan supaya engkau beroleh selamat dan dilindungi oleh Allah s.w.t”.
Maka setelah lama dalam perjalanan mengikut kafilah yang akan pergi ke Baghdad itu, tiba-tiba kafilah yang disertai oleh Shaikh Abdul Kadir Jailani diserang oleh satu angkatan penyamun. Segala barang yang dibawa oleh beliau habis dirompak. Lalu seorang penyamun bertanya kepada beliau, katanya, “Hai budak! Apa lagi yang ada pada engkau. Cakaplah benar kepadaku!” bentak penyamun itu dengan suara yang keras, lalu Shaikh Abdul Kadir Jailani menjawab, “Ya ada! Aku ada 40 ashrafis” ujarnya tegas dan bersahaja.
Penyamun itu lantas terkejut mendengarkan kata-kata Shaikh Abdul Kadir Jailani kerana sangkanya budak itu mahu mempersendakannya. Masakan seorang budak hendak memberitahu kepada seseorang penyamun dia masih ada wang lagi. “Apakah engkau mahu memperolok-oloklan aku?”. “Tidak, sungguh tuan, saya tidak berkata dusta” sahut Shaikh Abdul Kadir Jailani lalu menyambung:
“Tuan, tidakkan tuan tahu bahawa orang yang sedang menuntut atau mengejar ilmu itu seperti sedang berjalan menuju ke syurga kerana sentiasa disertai oleh malaikat yang sedia menolongnya. Saya bercita-cita menjadi seorang yang beriman lagi berilmu. Saya adalah keturunan Rasulullah s.a.w dan saya benci sekali bercakap bohong. Apalah ertinya wang 40 ashrafis pada saya ini tuan, hingga saya terpaksa berbohong? Seorang Islam yang sejati tidak sekali akan berbohong sekalipun dalam bahaya dan kesulitan!”
Kali ini penyamun itu merasa semakin terkejut mendengar kata-kata Shaikh Abdul Kadir. Ia merasa hairan memikirkan sikap budak itu yang secara berani dan tegas memperkatakan yang benar tanpa berganjak sedikitpun. Dengan perasaan bingung penyamun itu pun lalu membawa Shaikh Abdul Kadir berjumpa ketuanya.
“Siapa nama engkau dan dari mana engkau datang?” Tanya ketua penyamun.
Shaikh Abdul Kadir menjawab dengan berani “ Nama saya Abdul Kadir dan saya datang dari Jilan”
“Kemana engkau hendak pergi?”
“Baghdad”
“Untuk tujuan apa kau kesana?”
“Saya hendak menuntut ilmu.”
“Bagus! Bagus! Engkau tentu bawa wang bukan?”
“Benar! Saya mempunyai 40 ashrafis.”
Demi mendangarkan pengakuan Shaikh Abdul Kadir itu, ketua penyamun terkejut lantas berkata lagi “Apa benarkah apa yang engkau katakan hai budak atau engkau sengaja hendak memperolok-olokkan aku?” Maka sambung Shaikh Abdul Kadir “Benar tuan! Saya tidak suka dan tidak pernah bercakap bohong kerana saya seorang Islam. Inilah ajaran ibu saya semenjak saya pandai bercakap lagi. Apalah erti wang 40 ashrafis bagi saya ini hingga saya terpaksa berbohong. Dan apalah gunanya saya hendak bersusah payah mencari ilmu di tempat yang jauh kalau untuk menjadi seorang pembohong! Akan sia-sialah segala amal dan ibadat saya dan akan sia-sialah asuhan dan didikan ibu saya!”
Dengan kuasa Allah s.w.t. ketua penyamun itu menjadi terpaku sebentar tatkala mendengarkan kata-kata Shaikh Abdul Kadir yang penuh iman dan hikmat itu lantas ia pun menjadi malu dan insaf. Akhirnya dengan bercucuran air mata kesedihan ketua perompak itu memohon maaf dari Shaikh Abdul Kadir Jailani lalu bertaubat dari melakukan kerja yang mungkar lagi hina itu.
Demikianlah sekilas kisah tentang Shaikh Abdul Kadir Jailani ketika dalam perjalanannya untuk menuntut ilmu di kota Baghdad. Di kota itulah beliau telah belajar kepada Tibrizi, seorang ulama’ yang terkenal di masa itu. Di sanalah juga Shaikh Abdul Kadir Jailani telah terpikat dengan cara hidup sufi dari tarekat Abu Al Khair Muhammad. Shaikh Abdul Kadir memperoleh pakaian sufi yang digelar Khirka dari pemimpinnya bernama Qazi Abu Sad Mubarak, tokoh perundangan dari mazhab Hambali.
Sebagai seorang guru tarekat, pengajarannya telah menimbulkan satu semangat baru serta keinsafan kepada para pendengarnya. Satu daripada khutbahnya yang berjudul Futuh Al Ghayb, adalah dianggap satu daripada karya Islam yang terbaik dan mengandungi banyak unsur-unsur pendidikan. Ramai orang-orang Kristian dan Yahudi yang terpengaruh oleh pengajarannya lalu memeluk Islam.
Tarekat Naqsabandiyyah
Tarekat Naqsabandiyyah adalah tarekat yang didirikan oleh Muhammad bin Baha’ Ad-Din Al-Uwaisi Al-Bukhara Naqsyabandi (1318-1389), yang dilahirkan di sebuah desa yang bernama Qashrul Arifah, sekitar 4 mil dari kota Bukhara, tempat lahir imam Bukhari.3
Ketika ia berusia 18 tahun, ayahnya membawanya kapada Baba As-Samasi, seorang tokoh sufi pada zaman itu. Namun untuk pendidikan tarekatnya tersebut beliau mendapatkannya dari seorang quthb di Nasaf, yaitu amur Sayyid Qulal Al-Bukhari, yang merupakan seorang khlifah dari Muhammad Al-Baba As-Samasi.
Ajaran Tarekat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah Dan Perkembangannya.
Adapun kitab Fath Al-Arifin karangan Syaikh Ahmad Khotib Sambas dianggap sebagai sumber ajaran tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyah yang menjadi topik pembahasan kita, manuskripnya hanya terdapat satu buah yaitu di perpustakaan nasional Jakarta yang disusun oleh murid beliau Ma’ruf Al-Palimbani. Adapun kitab tersebut yang dicetak oleh penerbit Bungkul Indah, Surabaya dan beredar secara luas adalah bersandar pada tulisan murid beliau lainnya yaitu Abd Al-Rahim Al-Bali sebagaiman tertulis dalam colophond (halaman penutup) kitab tersebut. Kitab tersebut ditulis dengan sangat singkat namun padat berisi ajaran–ajaran TQN secara garis besar, yang merupakan gabungan dari unsur-unsur ajaran Qadiriyyah dan Naqsyabandiyah, yaitu tata cara membai’at, membentengi sepuluh bagian latahif (cakra).
Perkembangan ajaran tarekat qadiriyyah wa naqsabandiyyah yang kelihatannya baru di kenal di Asia Tenggara, memang bermula dari Kitab Fathul Arifin tersebut. Meslipun murid Saikh Sambas adalah Syaikh ‘Adul Karim Banten, sekilas tidak mengembangkan ajaran TQN secara luas. Namun setelah sepeninggalannya, tarekat ini berkembang pesat di Jawa. Oleh karena itu, jika kita amati beberapa amaln setelah shalat di daerah Jawa, maka akan dapat dijumpai di beberapa masjid amalan-amalan tarekat ini, seperti dzkir zaharnya yang sangat kompak.
Penelitian Amalan Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsabandiyyah di Cileunyi
Adapun inti dari pembacaan tanbih bertujuan agar kita sebagai manusia yang memiliki hati, akal dan nafsu dapat hidup bergandengan dalam damai. Hal ini dikaitkan dengansalah satu firman-Nya
وَضَرََبَ اللهُ مَثَلًا قَرْيَةً كَا نَتْ اَمِنَةً مُطْمَنَّةً يَاْ تِيْهَا رِزْقُهَا رَغَدًامِنْ كُلِّ مَكَاٍن فَكَفَرَتِْ بِاَنْعُمِ اللهِ فَاَذَا قَهَا اللهُ لِبَا سَ اْلجُوْعِ وَاْلخَوْفِ بِمَاكَا نُوْايَصْنَعُوْنَ.
Artinya :
“Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negri yang dahulunya aman lagi tentram,rezekinya dating kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat,tetapi (penduduk) nya mengingkari ni’mat ni’mat Allah; karena itu Allah merasakan kepadaa mereka pakaian kelaparan dan ketakutan,di sebabkan apa yang selalu mereka perbuat.”
Pembacaan Tawasul
Pembacan tawasul adalah mendoakan para Syaikh dengan surat Al-Fatihah
Pembacaan Manakib Syaikh Abd’ Al-Qadir Jailani
Pembacaan Sholawat Bani Hasyim
Adapun syarat-syarat yang paling utama untuk menjadi pengamal tarekat ini, menurut Prof Juhya S. Praja, salah seorang wakil talqin di Cileunyi adalah mesti adanya keinginan yang kuat dalam hati seorang calon pengamal tarekat atau yang akan di talqin untuk mendekatkan diri kepada Allah, selain memiliki wudhu atau dalam keadaan suci. Kemudian setelah acara pentalqinan berlangsung yang didalamnya kurang lebih merupakan sebuah penanaman tunas dari makna لااله الاالله di dalam hati, di wajibkan untuk dzikir zahar sebanyak 165 kali setiap setelah shalat denga lapadz yang sama. Kalaupun ada halangan, maka tiga kali saja cukup, akan tetapi mesti dibanyar disuatu saat nanti dimana waktu sudah terasa lapang. Selain itu dzikir khafi sebanyak-banyaknya setiap hari yang dilakukan dengan diiringi detakan jantung.
Hal ini menurtunya dilakukan dalam rangka mensucikan hati dari berbagai penyakit hati yang dapat menghalangi akan keberadaan kita sebagai seorang makhluk dengan Allah sang khaliq.
Tidak hanya itu, beliau juga menuturkan bahwa dalam amalan tareket ini ada amalan yang terkait dengan waktu, seperti manakib yang dilakukan sebulan sekali, dzikir setiap setelah shalat wajib sebanyak 165 kali denga lapadz لا اله الا الله, riadhah jiwa yang salah satunya dengan melaksanakan shalat tahajud selama 40 malam tanpa henti, tidak memakan makanan yang bernyawa dan yang paling berat menurutnyanya adalah suluk, yang salah satu amalannya adalah dengan melakukan perjalanan jauh dan tidak boleh sama sekali bertemu dengan orang lain dan tidak memakai fasilitas yang bisa memudahkan perjalanan, seperti mobil, jembatan dan lain sebagainya.
Dari sekian banyak yang beliua sampaikan, ada sebuah nasehat kepada muridnya yang menyatakan jika ada sebuah kejadian yang dapat dikatagorikan sebiagai kejadian diluar nalar akal manusia, maka diharapkan agar di konsultasikan kepadanya dan dilarang untuk memberi tahukan kepada orang lain.